Rabu, 14 April 2010

so nyet shit die(mohon di baca)

Ini artikel dibuat temen gw dan gw suka bgt ma ini artikel.. Mian,, artikel ni panjang bgt.. So,, gw buat pisah2...Gua ga tau harus mulai dari mana. Pertama, gua bukan SNSD hater, walopun mungkin cenderung ga suka ma SNSD, gua nyaris jadi fans mereka karena MV Into The New World, yang menurut gua keren, tapi gua kecewa ma MV SNSD berikut2nya yang membuat gua mikir ‘Girl’s Generation? Girl’s Generation jaman gua? Bentar deh. Emang anak perempuan di generasi gua sampe sedesperate itu sama cowok sampe nyanyi-nyanyi lagu tentang Kissing You Baby, nyosor-nyosor ke cowok biar dicium? Err, kayaknya ga deh.’Mungkin para SAFER ato STANDer udah banyak baca editorial tentang SNSD. Gua hanya mau mengemukakan alasan-alasan dan juga opini-opini gua kalo SNSD *kalo ga bubar* setidaknya harus ganti nama. Karena nama Girl’s Generation tampaknya terlalu berat untuk mereka, ato mungkin member-membernya aja yang ga dapet apa makna dari ‘Girl’s Generation’ itu. Kalo mereka ganti nama jadi P-Ara, 9seconds, 9ne1, ato bahkan C-Ara, gua ga bakal peduli ma kelakuan mereka sekalipun mereka ngebakar rumah orang karena iseng aja. Yang gua mau tekankan di sini, nama mereka malah ngebuat generasi anak perempuan jadi jatuh citranya. Entah karena kelakuan yang ga sopan, lagu-lagu yang, maaf untuk para SONE, memberikan kesan bahwa anak perempuan itu bener-bener takluk ma cinta ato karena suka pamer celana dalam.Gua mule aja dari point-point di mana menurut gua, mereka harus ditrainee ulang (bisa juga dibaca dididik ulang).1. MannerSONE pasti bilang ini alasan klasik buat para anti untuk ngebenci SNSD, tapi walopun klasik, ini nyata kok. Korea Selatan adalah negara yang keras dalam hal hubungan sunbae-hoobae, apalagi di dunia entertainment. Para rookie, sesukses apapun mereka, mereka harus selalu sopan sama sunbae mereka. Dan, maaf ya para Sone, SNSD, yang baru saja debut waktu itu, dan, maaf sekali lagi ya Sone, SNSD sama sekali ga sesukses sekarang, ketika mereka ketemu dengan sunbaes mereka, gua hanya inget sunbae nya itu salah satu member Shinhwa, mereka tidak membungkuk seperti salam yang seharusnya. Dan Shinhwa adalah boy band legendaris di Korea, selain karena merupakan perintis hallyu wave, juga karena mereka adalah band yang solid bertahan hingga sekarang. Dan Shinhwa, adalah mantan SM Entertaiment juga, yang artinya sunbae SNSD secara langsung. Dan SNSD tidak membungkuk memberi hormat dengan benar. Juga ketika salah seorang member SNSD menyebut nama Jaejoong dari DBSK hanya dengan Jaejoong. Sedekat apapun hubungan personal antar artis, di Korea memanggil sunbae dengan hanya nama, bukan hal yang sopan. Bahkan Leeteuk Super Junior tetap memanggil sesama member Super Junior dengan –ssi jika on air. Setau gua, beberapa anak SNSD, udah jadi trainee selama bertahun-tahun, apa mereka ga ditrainee secara kelakuan juga?2. Careless mouthSemua Sone sama antis, pasti udah pada tau tentang salah seorang member SNSD yang punya mulut yang ga bisa dijaga. Ngomentarin sana sini padahal orangnya sendiri ngaku kalo dia belum begitu mahir bahasa Korea. Kalo lu ga mahir bahasa korea, ya udah, diem aja, jangan ngomentarin sana sini, terus akhirnya dibash, setelah dibash, dengan muka pitiful minta maaf. *Ops, sorry, dia ga pernah minta maaf secara personal. SME yang minta maaf* dan dia juga alasan utama adanya black ocean yang terkenal, di SM Town di China. Gua pikir, tindakan fans-fans SM Town di china sah-sah aja. China baru dilanda bencana, dan ketika Jackie Chan dan JYP membuat proyek untuk ngebantuin korban bencana, ada seorang idol yang teritung baru baru, malah cekakak-cekikikan waktu dia lagi menyiarkan berita tentang bencana tersebut, dan, alasan dia ketawa karena nama daerah bencana mirip ma kosa kata Korea yang lucu. Hal ini yang buat gua ga hormat ma SNSD. Hey, sekitar 500 orang atau bahkan lebih tewas di bencana itu dan sebagian adalah anak-anak perempuan di generasi yang sama dengan dia yang katanya dia wakilin, dan dia malah cekakak-cekikikan?! Dan lu masih menyebut diri lu Girl’s Generation?! Super Junior M ikut variety show konyol untuk ngebantuin korban bencana dan temennya Hankyung pun hilang dalam bencana itu, Jang Nara, menyumbangkan uang hasil kerjanya di china untuk korban bencana padahal penyuka k-pop tau kalo kerjaan Jang Nara di China adalah satu-satunya sumber uang dia. Dan yang dia lakukan hanya ketawa-ketiwi.Dan kita semua tau ada member SNSD lain yang dengan curhat konyolnya di radio *taeyeon* ngebuat masalah dan ngebuat marah suster (ato bahkan sluruh staff RS) yang bersangkutan. Dan ketika disuruh minta maaf, kok malah KangIn yang merupakn partner DJnya yang minta maaf duluan?Sebenernya masih banyak cerita tentang ‘mulut yang ga bisa dijaga’ dari member-member lain, tapi gua ga mau ungkit-ungkit. Ntar malah makin keliatan aja jeleknya SNSD.

3. ProfessionalismGua bukan fans DBSK, jadi gua ga begitu tau perilisan single mereka. Tapi di Dream Concert 08, DBSK perform beberapa lagu mereka yang kayaknya udah cukup lama dirilis di Korea, dan mereka ngedance dengan bagusnya seolah-olah lagu itu adalah lagu baru, tanpa kesalahan yang berarti sedikit pun, padahal, jadwal mereka pasti sibuk di Jepang sana.Sedangkan SNSD, setau gua, SNSD bahkan ketika nyanyiin lagu Genie di salah satu event, mereka ngedance dengan kacaunya, padahal Genie, dirilis setahun yang lalu pun belon ada. Juga ada seorang member yang dibilang bagus dalam hal vocal di SNSD, malah sering ga nyanyi di bagian chorus ketika mereka live. Sebagai artis juga mereka harus menanggung segala sesuatu kayak tersenyum ketika lagi sedih ato capek, tapi seorang member SNSD malah mengeluhkan image dia, dia harus selalu tersenyum sehingga pundak dia capek, padahal katanya member yang satu ini sudah merenungkan segala kesalahan-kesalahan dia di masa lalu. Menurut gua ini menunjukkan mereka ga cukup professional. Kim Hyun Joong, Baek ji Young Leeteuk, dan masih banyak artis yang lain, bahkan ketika mereka sakit, mereka tetep ngelaksanain job mereka, sampai akhirnya mereka pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Terus, apa susahnya untuk senyum, untuk menjaga professionalitas?4. Fans-Idols’ relationshipIni juga merupakan titik balik gua yang menjadikan gua hilang respect ma SNSD dan menjadi sedikit anti ma SNSD.Saat Dream Concert 08, semua antis pasti udah tau betapa ‘liar dan brutal’ nya Sone cowok. Gua pernah baca fans account dari seorang Cassiopea cewek, kalo dia ditendang, dipukul kepalanya sama Sone cowok saat dia mau keluar ke pintu exit, Sone ngeliat dia pegang lightstick merah, warna official DBSK. . Si Sone nyegat dia, dan mulai manggil Sone yang lain. Si Korban tau dia Sone karena si Pencegat duduk di daerah Sone yang deket pintu exit dan dia mulai manggil Sone yang lain, si Cass ini mulai dipukulin, sampe dia jatuh terus ditendangin, dan Sone yang perempuan, hanya cekakak-cekikik ngeliatin dia. Padahal mereka sama-sama perempuan. Gua yakin kalo para antis juga tau ada fans account dari ELF dan Cassiopeia yang isinya mereka ato temen2 mereka disakiti ma Sone, bahkan ada yang katanya diperkosa, terus ada yang baru bangun 2 hari setelah dia ditendanginlah. Dan juga perobekan banner oleh Sone.Dream Concert 08, pasti jadi topic di internet, bahkan Super Junior Sungmin, di cyworld nya nulis menanyakan keadaan ELF, Cass, TripleS, dan FC2 lainnya, termsuk Sone apakah mereka baik-baik saja, terluka apa tidak. Dan seorang member SNSD, malah dengan santainya menyatakan *gua lupa di fancafe, cyworld ato UFO Reply nya*dia berterima kasih pada fans-fans nya karena telah mendukung SNSD di Dream Concert (nyakitin FC lain *yang kebanyakan adalah FC dari sunbae mereka dari perusahaan yang sama*, ngerobek banner dari Sunbae mereka, jadi SNSD menganggap hal-hal kayak gitu sebagai suatu “dukungan”?)Juga comment-comment Sone, terutama Sone cowok, tentang beberapa sunbaes SNSD. Ada yang bilang ingin ngef*ck *dlam arti sebenernya* Sungmin lah, dan yang paling bikin gua ilang respect dan menurut gua ga termaafkan mereka bilang “Donghae? Oh, the one who is fatherless”. Hey! Sone dan antis juga tau kalo ada member SNSD yang salah satu orang tuanya udah ga ada, tapi apa antis pernah nyinggung2 tentang itu? Ga! Setau gua Antis ga pernah ngebahas masalah keluarga SNSD, dari sini gua bilang, kalo lu ELF dan dengan bangganya lu bilang kalo lu juga Sone, tolong pikir baik-baik, lu boleh bilang lu fans SNSD, tapi lu juga harus inget, Sone, dengan ga sopannya nyebut Donghae seperti itu. Gua bahkan bukan fans nya Donghae, tapi gua tetep merasa itu kurang ajar.Dan yang bikin gua kecewa sama SNSD, mereka sama sekali ga nyuruh fans nya berhenti ngomong gitu ato minta maaf. Di Korea, idols punya peran penting dalam mengatur fans nya. Seperti Jaebum yang bilang ‘support 2PM’ setelah controversy nya, cukup banyak Hottest korea yang berbalik ngedukung 2PM sebagai 6 members group. Juga waktu Leeteuk meminta ELF untuk mendukung SJM sebagai 7 members groups, ELF sudah mulai mengurangi aksi konyol “0nly13” dan “Only5” mereka. Di Korea, idols punya andil besar dalam mengontrol kelakuan fans, dan SNSD sama sekali ga ngelakuin apa-apa untuk ngontrol fans mereka.Satu hal lagi yang buat gua kecewa ma Sone, Hyeoyeon di Strong Heart (gua mang ngikutin Strong Heart tiap episode nya, walopun SNSD yang jadi bintang tamu) cerita bahwa dia pengen keluar dari SNSD (ide bagus, bakat Hyeoyeon terlalu disia-siakan di SNSD) dan nerusin studynya di China, karena di SNSD sendiri dia ga banyak berkembang (iyap, Hyeoyeon nurunin skill dance demi lagu-lagu yang, maaf lagi nih, Sone, kurang bermutu untuk dancer sekelas Hyeoyeon). Dan reaksi Sone adalah, membuat dugaan-dugaan yang menimbulkan kesan kalo Hyeoyeon benci ma beberapa member SNSD karena image blonde nya diambil member lain, center dancer stage diambil juga ma member lain. Sebagai fans, seharusnya Sone ngedukung Hyeoyeon donk, bukannya malah buat dugaan-dugaan yang ngejatuhin dia.*Oh, iya, gua lupa. Sone kan suka SNSD bukan berdasarkan talent, tapi muka.* Ngaku aja Sone, kalian jarang muji talent anak-anak SNSD (mungkin karena emang susah nemuin talent dari anak-anak SNSD, jadi puji aja yang keliatan, kayak muka ma badan). Ini juga menunjukkan kalo popularitas SNSD sebagian besar hampir karena management dan penampilan luar mereka. Hyeoyeon ma Taeyeon yang punya bakat paling menonjol di antara member-member lain, tapi fan base mereka, apalagi Hyeoyeon yang paling sedikit .

5. Support each other on the groupLeader SNSD, ex-leader tepatnya, pada saat dia mau mengundurkan diri, anak-anak SNSD malah bilang ‘ok. Lagipula selama ini kita melakukan sesuatu seolah-olah kita ga punya leader.’ Apa ini yang disebut ‘girl’s generation’? ketika seorang temen kalian down dan mau mundur, kalian malah bilang sesuatu yang bikin keadaan ga membaik. Well, gua yakin anak –anak perempuan punya solidaritas yang tinggi, mereka ga bakal ngejatuhin temen mereka yang lagi down kecuali kalo mereka bener-bener jahat dan type backstabber. Dari kalimat gua tersebut, kalian tahu maksud gua.6. Personal ApologySampai sejauh ini, yang gua tau, selalu SM Entertaiment yang minta maaf atas kesalahan-kesalahan bodoh yang dilakukan SNSD. Mungkin ada beberapa personal apology, tapi kebanyakan SM Entertaiment yang minta maaf atas kelakuan mereka.7. Super Junior girl versionBanyak yang bilang SNSD adalah Super Junior girl version. Tapi coba diliat dulu, sejak mau debut Super Junior memang dipromosikan sebagai group yang berbakat dalam segala bidang, bukan cuman menyanyi saja, makanya ga aneh jumlah mereka 13. Coba liat perbandingannya, yang jago ngedance di Suju, 4 orang, yang jago nyanyi di Suju 4 orang, 8 orang berbakat dari total 13 orang. Dan mereka juga sejak awal ditargetkan di dunia entertainment di segala bidangnya, gua tekankan lagi DARI SEJAL AWAL. Sedangkan SNSD, gua hanya tau SME bilang girl group ini diperuntukan bagi pria beurumur 30-40 taunan walopun pada prakteknya banyak anak remaja dan young adult juga suka. Tapi ewww~, dari statement tersebut jadi ga aneh kan para antis bilang SNSD suka ahjuhssi. Dia bilang Girl’s Generation tapi kok diperuntukkan untuk orang-orang yang usia nya pantes jadi adiknya bapak gua. Itu sih sama aja nyebutin, generasi perempuan yang diwakili SNSD cocoknya sama om-om umur 30an ke atas.Mungkin iya SNSD mirip Suju, karena jumlah yang overloaded, tapi secara talent, kayaknya harus dipikir-pikir dulu. SNSD hanya punya Hyeoyeon dan Taeyeon yang bakatnya di atas rata-rata, sedangkan yang lain? Member yang lain harus berterimakasih pada waktu trainee yang lama, yang ngebuat mereka setidaknya jadi lumayan. Dan sejak awal tujuan SNSD bukanlah multi talented group seperti Suju yang punya comedian, singer, dancer, MC, and blablabla.Dan kalo ada yang bilang SNSD kayak Suju dalam hal variety show, bahkan Sunny yang menurut gua cukup lucu, dibilang Heechul kalo dia masih jauh dari variety show. Sementara menurut gua, yang buat SNSD ga mirip Suju, tentu aja karena kelakuan mereka beda jauh sama Suju. Super Junior adalah boy group yang masih membungkuk berterima kasih pada audience walaupun para audience udah pada pulang. Super Junior mendukung satu sama lain, gua yakin kalo Leeteuk mau mundur dari posisi dia sebagai leader, member yang lain ga akan ngomong hal ‘sekejam itu’ sama Leeteuk.

Gua ga suka mereka, bukan karena mereka plastic, operasi plastic hal yang wajar di Korea, Kyuhyun (yang juga dengan berbesar hati ngaku), Jaejoong, Leeteuk bahkan anak-anak SMA setidaknya 70% udah operasi plastic. Gua malah kagum sama beberapa artis kayak Solbi yang dengan berbesar hati ngaku kalo mereka operasi plastic, ga kayak *ehembatukehem* seseorang di SNSD yang keliatan jelas operasi plastic pada mata dan rahang nya tapi malah menyiarkan di radio kalo dia ga operasi plastic, malah jadi keliatan kayak orang bohong kalo gitu, ketauan oplas tapi ga ngaku. Gua juga ga suka ma mereka bukan karena mereka cantik-cantik, langsing-langsing, super model figure, and bla bla bla bla. Ato karena mereka pamer kaki, perut, karena group-grioup lain juga toh gitu. Gua ga suka mereka karena mereka bernama “Girl’s Generation” tapi sama sekali ga mencerminkan generasi anak perempuan jaman sekarang, malah mungkin jadi ngerendahin martabat perempuan yang udah susah payah diperjuangkan. Ketika awal SNSD debut, SNSD pernah ditanya, apa keistimewaan SNSD? dan Tiffany menjawab, ‘We are 9 beautiful girls’. Jadi perempuan di mata Tiffany hanya perlu cantik? *Well, ga heran otaknya dia jarang dipake* Super Junior M Zhou Mi pernah bilang ‘Beauty depends on the beholder’, dan gua masih percaya sama hal itu sekarang jadi menurut gua. Sebagai perempuan, gua ga mau generasi gua diwakili oleh perempuan-perempuan yang mikir kalo kecantikan itu nomor satu dan gonta-ganti pacar adalah hal yang hebat *apalagi pacar-pacar yang lainnya masih temen, malah jadi keliatan kayak piala bergilir*, kalo hanya cantik aja udah cukup. Maka dari itu, gua lebih milih After School dan 2ne1 sebagai wakil dari generasi gua. Gua bukan fans After School dan 2ne1, tapi menurut gua dibanding SNSD, After School dan 2ne1 lebih cocok menyanding nama ‘Girl’s Generation’ karena dari attitude, manner, dan lagu mereka pantas untuk itu, walaupun Gahee udah tante-tante. Lagu mereka ga hanya cerita tentang mencium cowok, mandek ma cinta pertama, ngabulin keinginan cowok, jadi mannequin dan nulis-nulis di papan tulis. Sone-sone yang baca ini pasti bilang, ini orang yang nulis sebenernya fans nya SNSD and blablablablabla, dengan teori khas fans gila lainnya. Gua udah bilang sebelumnya, gua pernah suka SNSD karena MV Into The World mereka yang benre-bener girl power, tapi kelakuan-kelakuan mereka ternyata ga pantes dianggap sebagai girl power dan girl’s generation.Sone-sone juga pasti bilang, SNSD ya SNSD, jangan banding-bandingin ma girl group lain. Well, tanpa dibandingin pun mereka udah rata-rata aja kok, malah cenderung jelek karena masalah-masalah yang mereka buat *hm jadi group yang famous karena skandal dong yah*. Kalo girl group lain bisa bersikap sopan kenapa SNSD ga? Kalo group lain bisa ngejaga pakean dalemnya tetep tertutup, kenapa SNSD ga?Dan masalah image, banyak yang bilang image dari management, artist ga bisa nolak. Kalian udah tau kasus Heechul? SM udah berkali-kali minta dia ngurangin kelakuan anehnya, tapi dia nolak. Jo Kwon juga, bahkan sampai JYP nya langsung yang minta, Jo Kwon menolak baik-baik.Kalo ada Sone yang baca ini, terutama perempuan, coba pikir sekali lagi. Kebebasan lu untuk suka ma group band apa, tapi kalo lu pikir, Girl’s Generation adalah nama yang cocok untuk disanding mereka, well, gua ga bisa ngomong apa-apa kecuali, lu udah ngecewain generasi lu. Dan kalo Sone cowok, ya gua sih no comment, emang rata-rata cowok ngeliat dari penampilan luar, jadi ga aneh banyak cowok suka SNSD. Toh dari dulu sampe sekarang, cowok emang suka tipe cewek submissive kayak SNSD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar